Test Footer

Jumat, 11 Oktober 2013

Banyak aspek yang menentukan enam runner-up terbaik lolos ke Myanmar 2014, untuk putaran final Piala Asia U-19.

Indonesia U-19 tiba di hari penentuan dimana hari ini tim Garuda Jaya akan berhadapan dengan Korea Selatan sang pemimpin klasemen grup G kualifikasi Piala Asia U-19, Sabtu (12/10) 19.30 WIB. Bila ingin lolos tanpa bergantung pada hasil dari delapan grup lain di fase kualifikasi, maka menang atas Korsel adalah harga mati bagi timnas U-19.

Perlu diketahui, Piala Asia U-19 di Myanmar nanti akan diikuti oleh 16 negara, dimana jumlah tersebut terdiri dari sembilan juara dari setiap grup, enam runner-up terbaik dan sang tuan rumah Myanmar.

Sedangkan bagaimana menentukan enam runner-up terbaik? Ada beberapa ketentuan, namun bila melihat dari sisi Indonesia, maka hal tersebut mengerucut terhadap perolehan selisih gol. Indonesia saat ini ada di posisi kelima dari sembilan runner-up setiap grup, dimana Korea Utara, Australia dan Uzbekistan menjadi tiga teratas karena jumlah selisih gol yang lebih baik dari Indonesia.

Perlu diketahui juga meski Indonesia telah mengantongi enam poin dari dua kemenangan, hasil kemenangan dari laga kontra Laos tidak akan mendapat hitungan (sementara) karena AFC memutuskan bahwa poin yang diraih dari hasil melawan peringkat empat dan lima pada klasemen kualifikasi di setiap grup tidak akan dihitung. Hal ini disebabkan jumlah setiap negara di masing-masing grup berbeda, seperti grup E yang hanya dihuni tiga negara karena Suriah mengundurkan diri. Di grup G sendiri saat ini Laos berada di posisi empat, yang berarti poin yang dimiliki Indonesia dalam bersaing di sembilan runner-up dari setiap grup adalah tiga (hasil menang atas Filipina), dengan jumlah selisih gol dua.

Namun bila Filipina turun ke posisi empat karena Laos berhasil meraih kemenangan pada laga sore nanti atas Filipina, maka poin yang dihitung untuk Indonesia otomatis hasil dari kemenangan atas Laos dimana Indonesia memiliki jumlah gol lebih banyak yakni empat.
Tabel klasemen sementara persaingan runner-up terbaik
GrupTimMAMIKGMGKSGP
H Korea Utara110040+43
F Australia210185+33
A Uzbekistan110030+33
I Cina110031+23
G Indonesia110020+23
 D Arab Saudi110021+13
B Yaman21013303
C Bangladesh210116−53
E Palestina100101−10
MA: main. M: menang. I: imbang. K: kalah. GM: gol memasukan. GK: gol kemasukan. SG: selisih gol. P: poin.

CATATAN
Peluang Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-19 cukup besar.

Hasil dari laga Laos kontra Filipina menentukan jumlah gol Indonesia (Laos akan menggeser Filipina di posisi ketiga jika menang dan berpengaruh kepada perolehan gol Indonesia).

Laga grup E antara Bahrain dengan Palestina bisa menggeser posisi lima dan enam jika Bahrain atau Palestina menang dengan skor besar, Arab Saudi dan Indonesia kalah.

Menang atas Korea Selatan, Indonesia dipastikan lolos.

sumber: goal.com indonesia

0 komentar:

Posting Komentar