Test Footer

Sabtu, 02 November 2013

Fifa 14 Mobile: Gratis tapi Bohong!

E6a940129500deb3dc0a34897fad0d7b
Seperti biasa, setiap tahunnya EA Sport melepas game sepak bola untuk konsol dan mobile device. Kali ini kita akan membahas FIFA 14, seri teranyar dengan sejumlah pembaharuan dan fitur-fitur yang menggiurkan.

Game ini tersedia untuk ponsel dan tablet dari kubu Android dan iOS dengan banderol GRATIS!!!… tapi Bohong- atau biasa kita sebut dengan Freemium Hehe. Kenapa gratis tapi bohong? Pasalnya aplikasi ini memang gratis untuk diinstal di ponsel dan tablet Anda. Tapi Anda harus membayar Rp 49.000 untuk memainkannya sebagian besar fitur offlinenya. Waduhh… gimana tuh?

Sebelum membayar, Anda hanya bisa bermain secara online melawan teman atau pemain online lain secara acak, dan mendaftarkan diri di server Origin. Diluar itu, kita tidak diberi akses tambahan. Artinya, no internet, ya no play. Bete deh!

Gameplay

Tidak perlu mempertanyakan maksud EA mengeluarkan skema seperti ini, karena yang pasti game ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Salah satunya adalah fitur FUT (Fifa Ultimate Team) yang kini hadir di mobile. Bagi pemain Fifa veteran di konsol, fitur FUT sudah sah dianggap sebagai fitur yang membuat kecanduan akut.

Apa itu FUT? Secara singkat boleh kita bilang bahwa fitur ini adalah permainan mengumpulkan pemain terbaik sebanyak mungkin, dalam bentuk kartu permainan, lalu Anda buat skema terbaik untuk mereka, lalu melawan hasil racikan orang lain ataupun AI untuk mendapatkan point dan kumpulan pemain baru.
6d98e3c5ea0c2d43d1babcb08c7c65ef
Di dalamnya ada interaksi saling bertukar pemain. Ketika kita menggunakan skema atau formasi tanpa gelandang bertahan misalnya, maka Anda bisa menjual pemain-pemain ini ke forum untuk kemudian hasilnya bisa dibelikan pemain baru yang lebih Anda butuhkan.

Ada sisi managerial, juga ada sisi kolektor dan trading card di fitur ini. Yang ujung-ujung nya jika Anda sudah mulai ketagihan, Anda akan dipaksa membeli paketan (kartu) pemain dengan level-level tertentu (gold, silver dan bronze) menggunakan uang asli melalui sebuah skema in-apps-store.

Di konsol sih, FUT memang sudah terbukti adiktif. Maka Anda harus hati-hati, karena kehadirannya di Mobile menurut saya akan meningkatkan efek candu karena kita bisa mengaksesnya dari mana dan kapan pun selama ada akses internet.

Kontrol

Perubahan kedua, kita akan disuguhi sebuah mekanisme control yang berbeda. Yakni Touch control dan classic control melalui virtual pad. Pilih sesuai keinginan Anda, karena apapun itu, bermain di ponsel/tablet tentu akan memberikan pengalaman berbeda ketimbang memainkannya di konsol.
A9801d92027701cc0aeef8b3c35383ee
Menurut saya, memainkan dengan fitur touch menawarkan sesuatu yang berbeda. Menantang dan juga menyenangkan. Siapapun bisa memainkannya. Terlebih dengan fitur swap untuk menendang dan slide tackle, membawa efek manual untuk arah dan power dari tendangan dan tackle tersebut.

Grafis


Sayangnya tidak banyak perubahan di sisi grafis. Mungkin karena keterbatasan hardware. Terlebih masih ditemukan sejumlah lag di beberapa perangkat Android yang kami coba. Untuk itu, selalu periksa minimum spek yang dibutuhkan.
2debd1570ef44180c4b623ba89bb497e
To the game

0 komentar:

Posting Komentar