Test Footer

Sabtu, 16 November 2013

Keunggulan 1-0 ini pun membuka peluang Portugal untuk tampil di Piala Dunia 2014. Satu kaki Portugal sudah ada di Brasil, namun mereka tak boleh lengah karena masih ada satu kali sembilan puluh menit tersisa di Swedia.

Babak pertama
Belum genap sepuluh menit, kedua tim sudah saling bertukar teror. Teror pertama datang dari pihak Portugal dan bermula dari umpan brilian Raul Meireles ke tengah kotak penalti pada Joao Moutinho. Moutinho yang sukses menguasai bola di kotak penalti sudah mengecoh Isaksson, namun tendangannya hanya mengenai jala samping gawang.

Teror kedua datang dari Swedia. Lustig membawa bola di sisi kanan lapangan dan langsung melepas umpan ke kotak penalti. Elmander sudah berlari ke arah yang tepat dan menyontek bola, namun bola masih melebar di sisi gawang Rui Patricio.

Laga yang menghibur sekaligus keras pun disajikan kali ini. Selain sama-sama tampil menyerang, kontak fisik dan pelanggaran cukup sering terjadi. Tensi pertandingan pun lebih tinggi dari biasanya. Wajar, kedua negara sama-sama ingin memenuhi ambisi ke Brasil 2014.

Memasuki menit 20, Swedia mendapat kesempatan emas. Umpan dari sudut lapangan menuju kotak penalti berjalan mulus, Ibrahimovic berpura-pura menyambut bola, namun ternyata hanya membiarkannya lewat. Elmander yang ada di kotak penalti pun langsung menyambut bola tersebut dengan tendangan kencang. Namun Rui Patricio melakukan penyelamatan gemilang dan skor masih kacamata.

Sementara itu, Ronaldo berkali-kali membawa bola dan mengelabui pemain Swedia. Sayang, aksi bintang Real Madrid ini kurang memberikan ancaman berarti karena bola sepakannya kerap kali meleset dari sasaran. Pertahanan Swedia pun cukup rapat untuk mengantisipasi bola-bola silang dari Portugal. Kedua gawang masih steril, 0-0 hingga paruh pertama habis.

Babak kedua
Portugal langsung mengancam di menit awal babak kedua. Salah antisipasi dari Antonsson membuat bola memantul ke depan Helder Postiga. Penyerang ini pun langsung melepaskan tembakan voli yang sayangnya masih melebar di atas gawang.

Kemelut kembali terjadi di depan gawang Swedia tak lama kemudian. Umpan lambung dari Bruno Alves gagal ditangkap oleh Isaksson, namun Pepe gagal menguasai bola dengan baik. Bola pun bergulir liar di six-yard-box sebelum Isaksson sukses mengantisipasinya. Bola liar hasil antisipasi Isaksson pun langsung disambut Ronaldo, namun tembakannya masih melebar.

Ronaldo dkk lebih sering mengirimkan serangan ke gawang Swedia di paruh kedua ini. Tandukan Postiga dan sepakan jarak jauh Nani adalah bentuk penyerangan itu, namun kedua percobaan mampu diamankan oleh Isaksson.

Kebuntuan terpecahkan di menit 82. Ronaldo jadi bintang yang memecah kebuntuan itu ketika ia menyambur umpan silang Miguel Veloso dari sisi kiri lapangan. Penyerang Real Madrid ini meluncur dan menanduk bola umpan Veloso itu dan tandukannya berakhir di jala gawang Isaksson. Skor 1-0 untuk tuan rumah Portugal!

Tiga menit kemudian, Ronaldo hampir saja memperlebar jarak keunggulan. Kali ini pemain Real Madrid itu menanduk umpan silang Almeida. Sayang, bola tandukannya membentur mistar gawang dan jarak masih terpaut satu gol.

Menit-menit terakhir jadi milik Portugal yang mendominasi lapangan. Kendati begitu, skor tetap 1-0 hingga bubaran. Dengan kemenangan ini, Portugal sudah menapakkan satu kaki di Brasil, walau masih ada laga esok Selasa (19/11) di Friends Arena.

SUSUNAN PEMAIN
Portugal: Rui Patrício; J.Pereira, B.Alves, Pepe, Coentrão; J.Moutinho, Veloso, Meireles; Nani, Postiga, C.Ronaldo
Swedia: Isaksson; Lustig, Nilsson, Antonsson, Martin Olsson; Larsson, Elm, Kallstrom, Kacaniklic; Elmander, Ibrahimovic.

0 komentar:

Posting Komentar