Test Footer

Rabu, 11 Desember 2013

Preview: Indonesia vs Thailand, harus menang

Preview: Indonesia vs Thailand, harus menangMerdeka.com - Melawan Thailand, sore hari nanti, Indonesia berharap bisa mengulang memori indah dua tahun lalu di Gelora Bung Karno, Jakarta. Saat itu Indonesia berhasil mengungguli tim Gajah Putih dengan skor 3-1, lewat sumbangan gol dari Titus Bonai, Patrich Wanggai dan Ferdinand Sinaga.

Indonesia perlu meraih kemenangan guna menjaga asa melaju ke babak semifinal. Jika seri atau bahkan kalah, perjuangan Indonesia lolos penyisihan akan sangat berat melihat saat ini produktivitas gol Garuda Muda sudah tertinggal dari Thailand dan Myanmar.

Namun saat ini kondisi kedua tim berbeda, Thailand bukan tim yang sama seperti dua tahun lalu, begitu juga dengan Indonesia. Saat ini Thailand bisa dibilang lebih mumpuni dengan persiapan terencana dalam waktu relatif lama.

Sementara Indonesia juga tak sekuat tahun lalu, seperti terlihat di pertandingan pertama melawan Kamboja. Andik Vermansah dkk hanya mampu unggul 1-0 melawan Kamboja, bandingkan dengan dua tahun lalu ketika Indonesia menang dengan selisih setengah lusin gol.

Tumpulnya lini depan Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi pelatih Rahmad Darmawan. Namun hal ini tak lantas mengurangi optimisme pelatih yang akrab disapa dengan RD ini. Dengan mengantongi kekuatan dan kelemahan Thailand, RD yakin anak asuhnya mampu mempersembahkan kemenangan.

Taktik baru kemungkinan besar diterapkan RD untuk bisa mengatasi Thailand. Permainan menyerang dengan pola 4-3-3 terbukti tidak berjalan efektif dengan minimnya sokongan dari lini kedua. Striker tunggal juga menjadi tidak efektif dengan kerjasama antar lini yang tidak maksimal.

Meredam agresivitas Thailand, timnas butuh gelandang bertipe bertahan guna membantu pertahanan dan mengatur ritme serangan. Egi Melgiansyah bisa diturunkan sejak menit awal untuk memainkan peran ini, seperti yang pernah dilakukannya bersama Skuat Garuda Muda dua tahun lalu.

Di lini depan, tipe striker seperti Fandi Eko Utomo yang sering menjemput bola bisa memberi variasi lain pada pola serangan Garuda Muda. Sementara Yandi Sofyan menjadi goal getter di muka gawang lawan. Dengan mengandalkan dua penyerang, RD bisa meminimalkan pola serangan dari sektor sayap yang tidak efektif saat melawan Kamboja di laga perdana.

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia (4-4-2): Meiga; Alfin, Manahati, Andri, Alfin; Dedi, Egi, Rizky, Ramdani; Fandi, Yandi.

Thailand (4-1-4-1): Kawin; Theerathon, Praweenwat, Sakolwach, Atit; Tanaboon, Kroekit, Pokkoaw, Thitiphan, Pakorn; Adisak. (bola/mac)

0 komentar:

Posting Komentar